Instruksi Dan Teknik Kerja Bar Bending

Instruksi Dan Teknik Kerja Bar Bending

Di abad 21 ini inovasi di faktor konstruksi masih belum mati juga. Bahkan bisa dibilang perkembangan jaman ditandai oleh teknologi dunia konstruksi yang semakin maju. Tak luar biasa jika banyak bermunculan inovasi mesin yang sangat berguna bagi dunia kerja syarah, contohnya bar bender. Sudah banyak toko perkakas yang jual bar bender tersebut. Mesin ini merupakan perangkat pembengkok baja tulangan untuk membentuk sudut-sudut sesuai dengan gambar perencanaan.

Cara pemanfaatan mesin ini sangat hemat dan cepat. Dalam sehari, mesin bar bender dapat menghasilkan puluhan baja tulangan yang sudah dibengkokkan. Beserta mesin ini, kerja syarah akan lebih ringan & kualitasnya sudah tidak dipertanyakan lagi.

Untuk mendapatkan baja tulangan dengan pola tekukan yang sesuai kebutuhan serta berstandar kualitas, pekerja syarah dapat langsung mengeksekusi baja tulangan yang hendak dibengkokkan pada mesin tersebut. Pesan kerja bar bending amatlah mudah, langkah pertama merupakan memasukkan baja tulangan yang hendak dibengkokan di tengah-tengah poros.

Setelah itu lakukan pengaturan sudut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan karena panjang bengkokan. Pegang pucuk tulangan pada bagian aksis pembengkok dengan kunci pembengkok. Kemudian tekan pedal agar roda pembengkok berputar pantas sudut yang telah diatur.

Menggunakan bar bender memang sangat simple, tetapi jika tidak digunakan dengan waspada atau cara yang sahih mesin ini dapat membinasakan keselamatan pekerja jasa kontraktor rumah dan orang – orang di sekitarnya. Sistem pembengkokkan memang memiliki resiko yang fatal seperti komposisi bangunan yang bukan sesuai & dapat membahayakan seisi konstruksi.

Maka dari itu, per keselamatan pekerja konstruksi & pengguna bangunan di perihal yang akan datang, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipatuhi mengenai instruksi pembengkokan dengan menggunakan mesin Bar Bender. Kaidah ini berguna agar pekerjaan memenuhi prosedur & hasilnya aman dipakai dalam jangka lama. Berikut merupakan beberapa tips yang berperan dalam instruksi kerja restoran bending.

Tips Instruksi Kerja Bar Bending

  1. Pastikan baja tulangan yang hendak dibengkokan tidak berkarat, berminyak, berlumpur, atau mempunyai pencemaran dalam bentuk apapun.
  2. Lalu lakukan penelitian luas baja tulangan dan pandang kembali tabel atau diagram yang memuat informasi hal jangkauan panjang besi, sudut bengkokan, dan banyak baja tulangan. Penelitiaan ini harus dilakukan untuk menghindari kesalahan pembengkokan yang berakibat parah bagi pengguna bangunan pada masa depan.
  3. Baja tulangan berdiameter 2 centimeter atau lebih harus dibengkokan dengan mesin bar bender.
  4. Dilarang membengkokkan baja tulangan yang sudah bengkok ke arah yang paradoksal.
  5. Jika ingin menyesuaikan baja tulangan yang sudah dibengkokan, maka tidak disarankan untuk melakukannya pada buku di lebih dari 60 cm dari bekas bengkokannya.
  6. Baja tulangan yang akan dibengkokan harus berada dalam suhu dingin karena proses pembengkokan yang menggunakan metode panas hanya larat dilaksanakan atas ijin quality control proyek konstruksi.
  7. Tidak dianjurkan untuk menyiramkan air kepada baja tulangan yang dibengkokkan dengan modus operandi panas.
  8. Baja tulangan yang sudah tertanam dalam beton tidak boleh dibengkokan atau diluruskan kembali. Terus-menerus jika pekerja konstruksi sudah mendapatkan izin dari sutradara konstruksi.
  9. Pekerja syarah harus meneliti kembali sehabis baja tulangan selesai dibengkokan sampai memperoleh hasil yang sesuai dengan gambar yang ideal.

Instruksi kerja perangkat bar bending memang tampil simple, namun hanya orang-orang yang sudah berpengalaman & professional-lah yang sebaiknya menggunakan mesin bar bender. Namun tak memungkiri jika anda ingin mencoba menggunakan perangkat bar bender. Tentunya dibawah pengawasan seorang professional & tak lupa mengikuti komando kerja dan tips diatas.