Layanan Web Amazon Bagi Manajer

Layanan Web Amazon Bagi Manajer

Saya sering ditanya tentang seluk beluk layanan web amazon oleh c-level, direktur, dan manajer. Mereka gak mencari suasana skrip dengan api dari elastic compute cloud, mereka hanya tertarik pada gambaran umum umum tentang cara kerja cloud.

Disaat menjelaskan aws bagi awal kalinya terhadap manajer (maupun siapa pun, dalam hal itu) yang terbaik yakni berbicara dalam konsep daripada dalam istilah yang konkret. Saya juga memperhatikan bahwa bermanfaat bagi mencoba menyibukkan diskusi dengan istilah-istilah yang lazim. Menggunakan istilah layaknya ip elastis akan kelihatan aneh, namun menyebutnya sebagai alamat ip yang sanggup diakses publik membantu orang bagi memahami konsep secara totalitas yang lebih bagus sebelum menggunakan istilah aws bagi bermacam hal.

Organisasi hirarkis

Pada tingkat yang sangat teratas, kamu sanggup berpendapat ec2 sebagai lingkungan komputasi global. Dalam ec2 yakni wilayah geografis yang sanggup dianggap sebagai pusat data. Di dalam pusat data itu yakni cluster pc yang dalam bahasa aws disebut zona ketersediaan:

– ec2 (pikirkan: cloud)

– wilayah (pikirkan: pusat data)

– zona ketersediaan (pikirkan: kluster pc)

Mesin virtual

Di dalam zona ketersediaan, kita sanggup menjadi mesin virtual dari gambar mesin amazon maupun ami yang telah didefinitkan sebelumnya maupun khusus. Ami sanggup dianggap sebagai snapshot mesin yang sanggup kamu memuat dan jalankan di dalam cloud di zona ketersediaan. Setiap kali kamu mengambil ami dan mengawalinya, ini disebut instance dari ami. Kamu sanggup mengambil ami dan mengawalinya beberapa kali, setiap kali menjadi mesin virtual baru.

Mesin virtual yakni mesin yang sedang berjalan, dan saya betul-betul mesin virtual. Bila aksi penangkalan gak dilakukan, mesin virtual itu sanggup mengedipkan mata keberadaannya dan menimbulkan banyak kekhawatiran. Menjadi kamu gak betul-betul mau berpendapat instance sebagai sesuatu yang kuat dan gigih. Itu hanyalah sebuah unit sumber daya komputasi.

Hard drive virtual

Bagi membantu melestarikan data kamu tetap utuh terlebih lagi disaat mesin virtual mati, kamu sanggup menggunakan beberapa layanan aws yang tak sama namun salah satu yang lebih umum yakni elastic block store, maupun ebs. Pikirkan ebs sebagai hard drive. Kamu sanggup menjadi ebs dari 1gb sampai 1tb dan instal di salah satu mesin virtual kamu. Menjadi, bila kamu mempunyai instance yang melangsungkan situs web kamu dan kamu mau membenarkan database tetap sehat walaupun instance lenyap, kamu sanggup menggunakan hard drive ebs. Dalam bahasa aws, kamu telah menjadi volume ebs dan memasangnya di mesin virtual.

Penyimpanan virtual lainnya

Ada layanan yang lainnya yang mampu kamu gunakan tidak hanya ebs bagi memegang basis data imajiner kamu itu. Contohnya, simpledb, maupun sdb, yakni pengganti yang sangat masuk ide dan akan lebih disukai dalam suasana tertentu. Namun, sdb yakni layanan khusus bagi pengiriman basis data dasar, sebaliknya ebs yakni solusi penyimpanan umum. Ada juga layanan database relasional, maupun rds yang sediakan layanan database yang kuat di luar sdb. Pilihan layanan seringkali tergantung pada kebutuhan solusi.

Cadangan virtual

Bila kita mau mengamankan data yang sekarang kita miliki pada volume ebs kita, kita belum keluar dari hutan sebab terlebih lagi hard drive sanggup kandas. Kita mau mencadangkan itu ke penyimpanan yang lebih normal. Bagi itu, kita sanggup menggunakan solusi penyimpanan simpel, maupun s3 singkatnya. Kamu sanggup berpendapat s3 sebagai cadangan kaset yang ada. Itu membolehkan kamu bagi mempunyai sampai 100 direktori data pada rekaman kamu. Masing-masing direktori itu disebut ember di dunia s3. Sebab itu yakni sistem penyimpanan normal yang bagus, kamu mau mencadangkan volume ebs kamu ke s3 secara berkala. Dan, bila kamu telah membiasakan instance kamu, kamu akan mau menyimpan gambar baru di s3 juga. Dengan cara itu, bila instance maupun volume ebs kamu yang disesuaikan dengan hati-hati macet sebab sebab apa pun, kamu sanggup menariknya keluar dari cadangan dalam s3 dengan cukup kilat dan bangun dan berjalan kembali.

Keamanan yang kokoh

Semua itu gak ada manfaatnya bila kita gak mempunyai keamanan yang bagus bagi membenarkan solusi kita diretas. Dua konsep digunakan dalam aws bagi maksud keamanan. Yang awal yakni serangkaian kunci yang membolehkan kamu dan pengembang kamu bagi mendapatkan akses ke sistem kamu. Itu yakni pasangan kunci publik/individu dan sertifikat digital yang dibutuhkan bagi secara aman masuk ke mesin virtual. Yang ke 2, yang disebut tim keamanan, sanggup dianggap sebagai konfigurasi firewall. Kamu menjadi tim keamanan yang memilih bagaimana entitas luar-seperti browser web, maupun desktop jarak jauh, maupun ftp, maupun email, dll. -dapat maupun gak sanggup mengakses instance kamu.

Router virtual

Bagi melayani situs web kita terhadap publik, kita wajib mempunyai alamat ip publik permanen yang sanggup kita tetapkan bagi mesin virtual kita. Bagi itu kita menggunakan ip elastis, maupun eip. Itu elastis sebab walau ini yakni ip publik yang tetap di internet, ia sanggup ditugaskan ke instance kita di bagian dalam aws. Itu adalah nilai tambah yang besar sebab bila mesin virtual tersebut mati dan kita memunculkan mesin virtual baru, kita sanggup memindahkan eip ke mesin virtual baru itu dan meminimalkan gangguan situs.

Skalabilitas cloud

Situs kita sudah aktif dan berjalan  misalnya, data kita aman pada volume ebs, kita memiliki cadangan pada s3, aman diserahkan akses insinyur kita, & kita memiliki blog kita dapat diakses publik. Semua baik-baik saja sampai kita mendeteksi peningkatan lalu lintas dari tempat yang lainnya di dunia. Tampaknya, blog kita tersohor di wilayah geografis yang jauh dari wilayah tempat kita mengatur sistem kita. Misalnya, kita mungkin sudah membuat blog situs kita di berbagai daerah, tetapi kita mendapatkan 50% dari hit. Kinerja blog kita untuk hadirin kita gak mau sebaik yang kita impikan. Untungnya, kita dapat menekan blog kita lebih dekat ke pengguna ini dengan mengenakan jaringan pengiriman konten, atau cdn.

Di aws, layanan cdn disampaikan oleh cloudfront. Layanan ini membawa konten statis kamu & mereplikasi lebih dekat ke tempat kamu memiliki volume pengguna yang besar, akibatnya membuat pengiriman blog kamu lebih kilat.

Kesimpulan

Saya harap ini membantu siapa juga yang tertarik pada aws & hanya perlu tinjauan manajer tentang cara kerjanya dari perspektif konseptual. Harap dicatat bahwa aws yakni sistem yang terus berkembang & layanan & kepiawaian baru ditambahkan secara tertib.

Sumber daya

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan situs amazon, kunjungi tautan penting ini: http://jayawebsite.com/