Penggunaan Meta Tag dalam SEO Agar Optimasi Lebih Cepat

 

Penggunaan Meta Tag

Bagi orang awam, mungkin istilah meta tag masih lumayan asing terdengar di telinga mereka karena memang penggunaannya yang belum terlalu sering dalam sebuah website. Namun, lain halnya dengan orang yang sudah cukup lama menggeluti dunia SEO. Penggunaan meta tag seperti sudah menjadi suatu standar tersendiri bagi para pembuat, pengembang konten website, maupun jasa artikel SEO. Tapi, apa sebenarnya meta tag itu sendiri? Apakah akan berpengaruh secara signifikan pada peringkat sebuah website di hasil pencarian Google? Berikut sedikit pembahasan terkait topik tersebut, selamat membaca!

Apa Itu Meta Tag?

Meta tag merupakan suatu kumpulan kode HTML yang sengaja dimasukkan ke dalam sebuah website, dengan tujuan untuk mempermudah Google saat melakukan crawling pada website kita. Hal tersebut agar website dapet terindeks dengan mudah. Meta Tag yang paling umum digunakan adalah jenis meta title and description. Lalu, selanjutnya banyak yang bertanya apakah penggunaan meta title and description dapat mempengaruhi peringkat website pada mesin pencari dari segi SEO? Jawabannya tidak. Meta title and description sama sekali tidak menjadi faktor peringkat sebuah website pada hasil pencarian Google. Penggunaan meta tag sendiri biasanya agar saat website kita terindeks di mesin pencari, pembaca ataupun pengunjung dapat melihat meta title and description yang telah kita buat agar mereka dapat yakin dengan isi website kita, apakah sesuai dengan kata kunci yang mereka cari atau tidak. Bisa anda bayangkan jika pengunjung mengetikkan kata kunci “jasa pembuatan artikel SEO” pada mesin pencari. Padahal konten yang anda sajikan dalam website anda sangatlah cocok dan relevan dengan kata kunci tersebut, namun saat pengunjung melihat meta title and description kita yang tidak sesuai atau bahkan kosong, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan merasa ragu, dan lebih memilih untuk membuka website ataupun situs lain dengan pembahasan terkait.

Penerapan Meta Tag

Untuk penerapan meta tag sendiri sebenarnya tidak memiliki aturan baku yang tertulis, hanya saja beberapa praktisi SEO yang sudah cukup lama bekerja dalam bidang ini biasanya memiliki beberapa aturan-aturan kecil atau standar yang bisa kita ikuti dan terapkan dalam website kita. Beberapa aturan umumnya, antara lain:

  • Penulisan Meta Title
    Meta Title merupakan meta yang berisi judul dari sebuah website. Biasanya browser menampilkan meta title pada bagian atas halaman. Untuk penulisan meta title dianjurkan untuk mengisinya cukup dengan 2 atau 3 kalimat saja. Hal tersebut bertujuan agar pembaca mampu memahami isi website dengan mudah berdasarkan judul website yang ditampilkan. Penulisan judul yang terlalu panjang sebaiknya dihindari karena dapat membingungkan pengunjung website.
  • Penulisan Meta Description
    Penulisan meta description dianjurkan berada di kisaran 120-160 karakter. Sebaiknya meta description dibuat sesuai dengan isi website sehingga dapat bersifat relevan bagi pengunjung website nantinya. Usahakan juga gunakan keyword utama anda di dalam meta description.

Leave a Comment